Minggu, 19 Juli 2009

10 Tips untuk menghemat listrik perangkat komputer

By 21.49.00

-Belilah sesuai keb utuhan :Sebuah PC dengan performa yang jauh melebihi performa yang Anda butuhkan untuk pekerjaan sehari-hari dapat mengonsumsi lebih banyak energi (bisa mencapai dua kali lipat).



-Perhatikan ukuran display : Sebelum membeli TV atau monitor, pertimbangkan ukuran yang ideal. Semakin besar layar, semakin besar konsumsi listriknya.



-Jangan percaya sepenuhnya dengan pendapat umum: Beberapa pendapat tidak sepenuhnya benar. Contohnya layar LCD yang dianggap selalu lebih hemat daripada layar tabung. Perlu diketahui bahwa hal ini hanya berlaku bila ukuran layarnya sama.



-Perhatikan adanya tombol ONOFF: Terutama pada perangkat yang tidak digunakan terus-menerus, tombol ini harus ada.



-Menggunakan multi - stopkontak : Untuk menghentikan arus listrik, disarankan menggunakan multistopkontak dengan tombol ON-OFF, sehingga tidak perlu biaya standby.



-Aktifkan fungsi hemat energi: Pastikan agar fasilitas ini telah aktif. Pada beberapa kasus, setting standar bisa saja belum diaktifkan. Kadang, dengan meng-update driver, efisiensi dapat ditingkatkan.



-Bila mungkin , hindari koneksi nirkabel (wireless ): Gunakan koneksi nirkabel hanya bilabenar-benar perlu, karena koneksi ini meningkatkan konsumsi listrik.