Rabu, 22 Juli 2009

Mengedit File PDF

By 20.39.00

Anda ingin mengoreksi ulang beberapa kesa­lahan kecil dalam file PDF dan mengonversi seluruh dokumen PDF ke format MS. Word? Solusinya, gunakan program ini:




  • Melakukan koreksi kecil

Sungguh mengesalkan bila Anda telah sele­sai membuat dokumen PDF setebal 300 ha­laman, ternyata ada kekeliruan pada hala­man pertama. Dengan tool yang tepat Anda dapat langsung mengoreksi kesalahan terse­but dalam file PDF.


Saran saya: CAD-KAS PDF Editor 2.6 (US$ 79), http://www.cadkas.com




  • Mengkonversi PDF ke MS. Word

Program untuk mengonversi format Adobe kembali ke MS. Word membutuhkan sebuah fungsi OCR (Optical Character Recognition) yang dapat bekerja secara optimal. Dengan demikian, program tersebut mengenali lay­out, teks, dan gambar, lalu membuat sebuah file Word. Jika tidak, akan timbul masalah.


Saran saya: PDF Converter 5 (US$ 49.99), http://www.nuance.com

Read More...

25 tips Membuat Blog Kita Sukses

By 17.59.00
Apapun tujuan anda membuat blog, anda pasti ingin blog anda bertraffic tinggi. Ramai dengan komentar dan ada dalam peringkat top blogger. Maka ada baiknya kalau kita ikuti strategi para ahli blogger yang telah lebih dulu mencapai sukses.

Antara lain:


1. Kerja keras, kerja keras, dan kerja keras.

Blogger pemula sering mengira blogging itu mudah. Tapi, apakah benar-benar mudah? Ini jawaban rasa penasaran anda:

Blogging itu perlu waktu dan kerja keras untuk menghasilkan posting yang kontinu.

Perlu konsistensi.

Perlu waktu untuk belajar banyak hal baru untuk mengelola blog anda.


Tetapi yang terpenting, semakin anda mengerahkan waktu dan upaya pada blog anda, maka blog anda akan semakin baik dan makin populer. Jika anda hanya duduk dan menunggu, tentu ini tidak akan membantu blog anda lebih baik. Jadi kuncinya sabar dan kerja keras!


2. Jadilah ahli di bidangnya

Agar bernilai bagi pembaca, anda perlu tahu apa yang anda bicarakan. Untuk itu, anda bisa belajar sendiri, atau jika anda seorang professional, berikan tips yang berguna bagi pembaca anda. Sebaiknya pelajari apa saja yang berkaitan dengan tema blog anda. Agar, nantinya anda bisa membuat content yang tepat untuk pengunjung. Juga, semua yang anda tulis jadi lebih berguna bagi pembaca anda.


3. Kenali audience anda

Untuk menjadi ahli di suatu bidang, anda harus tahu hal-hal ini…

Apa yang paling ingin diketahui oleh pembaca.

Gunakan kata-kata kunci yang sering digunakan pembaca anda.

Temukan masalah-masalah yang mungkin dialami pembaca.

Jangan sungkan membantu pembaca menyelesaikan masalah mereka.


4. Mulai menulis sekarang juga!

Jika anda ingin mendapatkan sesuatu, anda harus berusaha mendapatkannya sekarang juga, bukan besok atau lusa! Jika anda lamban, anda bisa saja kehilangan gagasan menarik yang ada di kepala anda saat ini! Dan, anda akan tergilas masalah-masalah baru dalam hidup anda. Akhirnya anda akan semakin lupa untuk menulis content blog anda! Anda boleh punya sejuta alasan untuk tidak mengisi blog anda. Tapi, anda wajib menyimpan gagasan anda. Sebisa mungkin buatlah draft agar anda tidak cepat melupakan ide-ide brilian anda.


5. Banyaklah menulis

Banyak menulis akan memudahkan anda mendapat banyak pengunjung. Mengapa? Simpel saja. Karena anda jadi produktif menulis. Dan, tulisan-tulisan yang unik, berkualitas dan menarik hanya bisa tercipta dari mereka yang produktif menulis. Nah, pengunjung itu hanya suka dengan content blog yang berkualitas dan bermanfaat bagi mereka. Ok... apa tulisan anda sekarang sudah berkualitas dan menarik? Kalau belum, anda harus banyak menulis. Jika anda sudah puas dengan hasil tulisan anda, jangan senang dulu.... Apakah traffic anda sudah sebanyak yang anda inginkan? Apakah pembaca benar-benar menyukai posting anda? Kalau masih belum, berarti anda harus terus menulis, menulis, dan menulis.


6. Simpan draft untuk posting anda

Ketika anda punya banyak waktu luang untuk menulis, maka menulislah sebanyak-banyaknya. Setelah banyak menulis anda bisa menyimpan semua tulisan di draft. Jangan publikasikan langsung semuanya. Anda bisa mempostingnya saat sedang paceklik ide.

Ya, dengan punya draft berlimpah, anda punya lumbung ide dan artikel yang bisa pakai kapanpun.

Misalnya...

Saat anda perlu posting dengan tema yang sama, anda tidak perlu mencari ide dari awal. Karena anda sudah punya gagasan yang tinggal anda gali lebih lanjut.

Saat anda sangat sibuk sampai tak bisa mengupdate blog, lumbung tulisan ini akan sangat membantu anda. Dengan frekuensi menulis yang cepat anda bisa membuat alur materi bacaan yang konsisten bagi pembaca anda. Jadi anda tidak cuma memberikan posting yang bermanfaat bagi pembaca anda. Tapi anda juga bisa menentukan waktu yang tepat kapan harus memposting suatu artikel. ”The right posting in the right time,” begitu kata orang Barat.


7. Tulis posting yang unik!

Tulis hal yang unik. Agar, pengunjung menjumpai hal berbeda dalam setiap posting anda. Tentu saja, jika anda merasa tema itu belum cukup diulas, anda bisa cari referensi yang lebih banyak untuk mengembangkan tulisan anda.


8. Tulis posting yang berdasar riset

Sebelum menulis ada baiknya anda melakukan riset kecil-kecilan atas tema yang anda pilih. Ini perlu agar tulisan anda terlihat hidup, nyata dan tidak fiktif. Selain itu, anda tidak akan terjebak dengan pemakaian kata ”mungkin atau kira-kira.” Tahukah anda kalau penggunaan kata-kata tadi bisa melemahkan posisi anda? Anda jadi terkesan tidak menguasai tema yang anda tulis! Dan, pengunjung tidak akan percaya pada apa yang anda tulis. Oya, pengunjung itu lebih suka blog yang isinya bukan cuma khayalan tapi benar-benar nyata dan bisa mereka terapkan.


9. Tulis posting yang ringkas

Kenapa anda perlu membuat posting yang ringkas?

Anda bisa menyampaikan pendapat dengan cara cepat. Pembaca tidak perlu meraba-raba apa yang ingin anda sampaikan.

Pembaca bisa mendapatkan tips-tips yang anda berikan secepat yang mereka inginkan. Mereka suka menghemat waktu dan enggan membaca hal yang tidak menarik minat.

Memberi kesempatan pada pembaca untuk membaca sesuatu yang berbeda Selain itu, posting ringkas akan membantu pembaca memahami dan menyerap apa yang anda tulis. Juga memudahkan mereka membuat bookmark, share atau link ke posting anda.


10. Tulis dengan bahasa yang sederhana

Gunakan bahasa yang paling sederhana. Tujuannya agar pembaca bisa cepat menangkap pesan anda. Sehingga pembaca juga yang berniat menyampaikan pesan dalam tulisan anda kepada orang lain juga lebih mudah.


11. Tulislah secara personal

Dalam bisnis internet, antara pemilik blog dan situs web tidak bisa langsung bertemu dengan pengunjung mereka. Tapi, pengunjung harus percaya dengan apa yang mereka baca, apa yang anda tulis. Jadi perlakukan pembaca seperti teman anda sendiri agar mereka lebih mengenal anda. Dan akhirnya mereka jadi pembaca setia blog anda.


12. Tulislah judul yang hebat

Judul adalah pemikat. Jika anda bisa membuat judul yang langsung memaksa pembaca jatuh hati, maka besar kemungkinan tulisan anda dibaca oleh mereka. Maka anda perlu membuat judul yang memikat. Ya, agar pembaca bertekuk lutut dan tidak melewatkan setiap kata dalam tulisan anda.


13. Tulis secara alami dan demi pembaca

Sebagian orang mengatakan bahwa anda harus menulis untuk search engine. Maksudnya, anda menulis tema-tema yang paling dicari di search engine supaya blog anda bercokol di deretan top rank. Menurut saya ini tak sepenuhnya benar. Karena sebenarnya anda bisa menulis apa pun yang anda inginkan asalkan tulisan anda itu benar-benar didedikasikan untuk pembaca. Alasan saya begini:

Jika anda sudah membidik target pasar tertentu untuk blog anda, maka anda tidak perlu khawatir kekurangan pengunjung. Sebab pengunjunglah yang akan mencari blog anda.

Anda sudah tahu keyword apa yang sering digunakan target pembaca anda.

Anda menggunakan kata-kata alami dan tidak dibuat-buat dalam posting anda. Dan sebenarnya inilah yang yang paling dicari oleh search engine.

Yang paling penting, dengan mendedikasikan tulisan anda untuk pembaca, maka tulisan anda pasti akan dibaca oleh mereka. Sebab mereka butuh tahu informasi yang anda sampaikan.

Dengan menulis secara alami, kata-kata yang muncul dalam tulisan anda akan beragam dan tidak terkesan dipaksakan. Ini sangat menguntungkan untuk meningkatkan traffic anda.


14. Format dulu posting anda

Jika anda ingin posting anda dibaca sampai akhir, tidak cukup hanya bermodal dedikasi buat pembaca. Tetapi anda juga perlu memformat posting anda dengan baik. Buat paragraf dan kalimat yang singkat. Gunakan juga list bullet dan subheading. Supaya nyaman dilihat dan mudah dipahami.


15. Buat Link antara satu posting dengan posting yang lain

Anda ingin pembaca membaca semua posting dalam blog anda? Maka anda harus membuat link untuk setiap posting yang sudah anda tulis. Cara ini selain menambah pembaca, juga membantu blog anda mendapat top rank dalam search engine.


16. Bisa juga membuat link dengan sumber di luar blog anda.

Seperti:

Sejumlah riset, studi dan perbandingan

Posting dari blog lain yang berguna, artikel atau forum threads

situs web atau tool yang lain

Dengan begini anda menunjukkan perspektif yang lebih luas pada pembaca. Sangat membantu mereka pula untuk memahami content anda secara lebih mendalam. Terlebih jika anda menghubungkan tulisan anda dengan artikel lain, pembaca bisa memahami sudut pandang penulisan anda. Selain itu, kalau pembaca mengklik link luar yang anda cantumkan, anda akan mendapat dua ucapan terimakasih. Pertama, dari pemilik situs web, blog atau artikel yang anda link-kan. Mereka senang karena ada tambahan pembaca.

Sedang dari sisi pembaca sendiri, mereka senang karena mendapat informasi baru yang berguna buat mereka. Blog anda mengantarkan pembaca pada informasi yang mereka inginkan.


17. Bertujuan membantu orang lain

Meskipun banyak orang membaca blog hanya untuk senang-senang atau hiburan, tapi banyak juga yang membaca blog karena mencari solusi atas suatu problem yang harus dipecahkan. Maka anda perlu mengidentifikasi masalahmasalah pembaca dan bantu mereka memecahkannya. Dengan demikian posting anda jadi sangat bermanfaat untuk pembaca.


18. Baca blog lain

Membaca blog orang lain akan membantu anda menulis konten yang lebih baik. Selain itu, dengan membaca blog lain, anda bisa menemukan:

Lebih banyak ide untuk ditulis.

Lebih banyak yang bisa di-link-kan dengan blog anda

Lebih banyak teman untuk berdiskusi

Tempat untuk memberikan komentar dan mendapatkan pembaca baru.


19. Bergaul dengan blogger lain

Ketika menjelajahi beberapa blog, anda akan menemukan banyak blogger yang memiliki minat yang sama dengan anda. Dengan menuliskan komentar ke blog mereka, mereka akan melakukan hal yang sama pada blog anda. Bahkan kalau blogger lain mengganggap content anda menarik, tak segan mereka akan membuat link ke blog anda.


20. Memperkokoh pengaruh anda.

Dengan melakukan semua hal di atas secara konsisten perlahan blog anda akan menancapkan pengaruhnya di dunia maya. Setelah ini anda rasakan, akan sangat membantu anda untuk:

membantu menyebarkan gagasan anda.

melakukan inovasi untuk mengembangkan blog anda.

melakukan promosi produk

atau menjalin kerjasama dengan pebisnis lain.


21. Jangan pelit, berbagilah!

Jika anda ingin ide dan posting anda menyebar luas, maka tanamkan hal berikut ini dalam benak anda:

Tidak ada orang yang rela menyebarkan suatu gagasan kecuali :

Mereka memahaminya

Mereka ingin menyebarkannya

Mereka yakin bahwa dengan menyebarkannya mereka mendapat manfaat seperti reputasi, income, dan persahabatan.

Keuntungan yang didapatkan jauh lebih besar dibanding biaya yang diperlukan untuk menyebarkannya.


Tidak seorang pun mau menerima suatu gagasan kecuali :

Gagasan yang disebarkan menarik dan membuat rasa penasaran.

Mereka sudah memiliki landasan untuk siap mendapatkan gagasan baru

Mereka percaya pada penyebar gagasan. Pada dasarnya, anda tidak cuma perlu mempunyai posting yang bermanfaat bagi

pembaca. Tapi anda juga perlu berbagi cerita dan pengalaman anda pada pengunjung anda.

Oya, anda bisa menggunakan social bookmarking buttons untuk mengingatkan

orang lain mem-bookmark posting anda. Anda juga bisa berbagi di situs web

yang sering pembaca kunjungi. Kenapa harus berbagi di situs orang lain? Agar

anda bisa memperluas target pasar anda.


22. Bergabung dalam social site.

Jika anda ingin :

menjadi terdepan dalam bisnis anda

membaca banyak hal menarik

bertemu banyak orang yang mempunyai minat sama

Maka bergabunglah dalam social site yang cocok dengan topik blog anda.

Contohnya, untuk blogger yang juga berkecimpung dalam internet marketer,

SEO, dan Web designer anda bisa mencoba.

Sphinn (Search Engine Marketing)

PlugIM (Internet Marketing)

Del.icio.us (beragam topic)

Tweako (Web Developer)

Dzone (Web developer)

Dan perlu juga saya tulis di sini adalah StumbleUpon. Ini karena :

anda bisa melihat site yang sesuai dengan minat anda

anda dapat bertemu orang lain dengan minat yang sama

anda bisa mendapat pengunjung untuk situs web anda.

Mencari relasi online itu perlu! Bahkan wajib hukumnya bagi para pebisnis internet. Dengan berpartisipasi dalam social network anda bisa menjumpai banyak orang yang minatnya sama dengan anda. Anda juga bisa bertemu dengan blogger lain yang memiliki kesamaan topik blog dengan anda. Dan akhirnya, mereka akan mulai mengunjungi blog anda. Bahkan mungkin mereka akan menambahkan posting anda ke social network, karena mereka suka dengan posting anda dan mengenal anda dari social site yang anda ikuti.


23. Berbagilah mengenai siapa diri anda.

Anda perlu berbagi tentang kisah anda sendiri. Anda juga perlu menceritakan siapa anda dan apa yang anda lakukan. Tentu, cerita anda itu harus pantas untuk diceritakan. Karena ini akan berdampak positif bagi citra anda. Jadi sebaiknya...

berbagi dengan orang-orang yang anda kenal

berikan situs social bookmarking yang relevan. Gunakan judul dan penjelasan yang deskriptif dan menarik.

Tapi, anda juga perlu hati-hati. Jika anda tidak yakin cerita anda ini bisa mendongkrak citra anda, sebaiknya jangan lakukan. Karena sebaliknya yang terjadi reputasi anda bisa hancur.


24. Buatlah blog yang mudah dibaca dan digunakan

Mudah tidaknya pengunjung mencerna tulisan dan bernavigasi di blog anda akan menentukan tingkat traffic anda. Selain itu anda sebaiknya mempunyai fitur menarik di situs web anda. Agar pembaca senang berada di halaman web anda.

Oleh karenanya, anda bisa ..

memberi nama kategori anda dengan menggunakan kata-kata yang berhubungan dengan pengunjung anda.

Membuat kategori yang jelas dan berbeda

Menawarkan posting yang berhubungan dengan posting anda

Menggunakan ukuran font terbaik. Biasanya Verdana 10 pt.

Buat Link antara posting anda sekarang dengan posting sebelumnya

Buat blog anda rapi, jangan terlihat kacau balau. Kalau pun menggunakan plug in, cukup gunakan plug in yang paling perlu seperti untuk menampilkan posting terbaru, posting yang berhubungan, dan tombol social bookmark.


25. Lakukan semuanya.

Ingat dan tancapkan dalam pikiran anda, bagaimana memulai membuat blog, mendatangkan pembaca, menjaga hubungan dengan blogger lain, sampai kemudian anda bisa mendapatkan keuntungan. Anda harus mengingat semua hal penting tadi. Ini penting untuk membantu anda membangun sebuah blog hebat.Sehingga blog anda memang pantas untuk dikunjungi dan anda mendapatkan

keuntungan dari kepopuleran blog anda.


Read More...

FrensZone, Social Networking Yang Membayar!

By 17.36.00

FrensZone adalah situs jaringan sosial revolusioner yang MEMBAYAR anggota

ketika mereka menggunakan situs ini. Gabung sekarang dan Anda mulai

menerima imbalan!


Anggota mereka tidak mendapatkan semua ini, walaupun mereka yang

mengundang teman-teman, menulis blog dan mengupload foto dan video.

Sekarang, FrensZone adalah situs jaringan sosial terbaru yang MEMBAYAR

anggotanya untuk menggunakannya!


Situs ini memiliki fitur seperti Frienster dan Facebook, tapi yang terbaik,

semakin Anda menggunakannya, semakin banyak anda mendapatkan

imbalan! Banyak anggota telah mendapatkan imbalan!


Jika Anda bergabung sebagai anggota, Anda akan mendapatkan imbalan atas

kegiatan anda di situs kami, seperti,

1. Invite teman anda untuk bergabung

2. Buat grup, blog, events, classifieds

3. Komentar tentang anggota profil

4. Mengumumkan pihak atau peristiwa

5. Upload foto, video, dan MP3

6. Lainnya menilai anggota profil dan foto

7. Anggota lain melihat profil Anda

8. Anggota lain melihat foto Anda

9. Anggota lain melihat blog, video dan musik

10. Lainnya melihat anggota grup Anda


Dengan mendapatkan Instant Cash Merujuk / Mengundang Teman Untuk

FrenZone Anda akan mendapatkan imbalan dengan uang untuk setiap anggota baru

yang diundang melalui Referral Link Anda. Anda Referral Link adalah sebuah

link URL yang mengidentifikasikan anda sebagai inviter dari FrensZone. Jika

Anda menempatkan link ini di situs web apapun, mengatakan blog Anda di

Blogger.com, dan bila seseorang mengklik link tersebut, dan kemudian mereka

bergabung dengan FrensZone, Anda akan mendapatkan imbalan dengan uang.


Dengan mendapatkan imbalan Poin Anda akan dihargai dengan poin ketika Anda memposting / upload / suara /

komentar barang seperti foto, blog, video, musik di FrensZone. Anda akan diberikan poin setiap kali Anda melakukan hal-hal ini. Selain itu, anda bahkan memperoleh poin ketika anggota lain melihat profil, foto, blog dan banyak lagi.

Nantinya, Anda dapat menebus ini untuk kas dan merchandises.


Semakin aktif Anda dalam memberikan komentar / upload / blogging / rating

stuffs di situs kami, semakin banyak Anda akan mendapatkan imbalan. It’s

that simple!


Read More...

9 Tips Mengunakan Google Search Engine

By 17.23.00
Sebelum anda Googling lebih baik anda tahu tips - tips berikut terlebih dahulu :


1. Google tidak "case sensitive".

Keyword: linux = LINUX = LiNuX

Akan menghasilkan hal yang sama


2. [AND]: Secara Default Google menggunakan keyword and.

Keyword: menjadi hacker

Hasilnya pencarian akan mengandung kata "menjadi" dan "hacker"


3. [OR]: Digunakan untuk menemukan halaman yang setidaknya berisi salah

satu dari keyword. Note: OR dituliskan dengan huruf besar semua.

Keyword: hacker OR kracker

Hasilnya pencarian akan mengandung kata "hacker" atau "kracker"


4. [+]: Google akan mengabaikan pencarian dengan kata-kata umum seperti

"how" dan "where". Jika kata-kata umum ini begitu penting, anda

bisa menambahkan "+" didepan keyword tersebut.

Keyword: hacker how ==> Kata "how" akan diabaikan

Keyword: hacker +how ==> Kata "how" akan diikutsertakan


5. [-]: Tanda minus "-" bisa digunakan untuk mengecualikan kata-kata

tertentu dalam pencarian. Misal kita ingin mencari kata

"linus tanpa linux", kita bisa menggunakan "linus -linux"


6. [*]: Google tidak mendukung pencarian * sebagai pengganti huruf.

Misalkan kita ingin mencari dengan kata depan menja*

Google tidak mencari kata "menjamu", "menjadi", "menjalar", dll

Google akan menghasilkan pencarian hanya yang mengandung kata

"menja".


7. Tetapi google mendukung penggunaan * dalam pencarian kalimat.

Keyword: "menjadi * hacker"

Hasilnya pencarian dapat menghasilkan "menjadi seorang hacker",

"menjadi white hacker", dll.


8. [" "]: Dapat digunakan untuk mencari kata yg lengkap.

Keyword: "menjadi hacker"

Hasilnya pencarian akan mengandung kata "menjadi hacker"


9. [?]: Dapat digunakan untuk mencari pada direktori Google

Keyword: ?intitle:index.of? mp3

Read More...

Kamus Istilah-Istilah Blogger

By 16.41.00

Apakah kamu seorang blogger yang baru? Belum paham betul mengenai istilah di dunia blog? Kamu wajib baca artikel yang satu ini! Kamus Istilah Blogger!


Selamat membaca yah!



  • A-List: Sebuah daftar blogger-blogger yang memiliki blog dengan traffic relatif tinggi dan banyak dikenal di dunia blogging. Biasanyamerujuk pada daftar 100 Technorati Blog.

  • Adsense: Jaringan periklanan online yang paling terkenal di internet. Adsense dimiliki oleh Google dan memberikan kesempatan kepada para blogger untuk melakukan monetisasi blognya dengan menampilkan iklan kontekstual di blog mereka. Setiap kali seseorang mengklik teks iklan Google Adsense, maka si pemilik blog akan mendapatkan sejumlah komisi.

  • Adwords: Kebalikan dari Adsense. Adwords memungkinkan perusahaan atau individu untuk memasang iklan dan mempromosikan produk, jasa atau situs mereka berdasarkan perhitungan cost per click (CPC). Seorang pemasang iklan harus menentukan kata kunci yang hendak dibidiknya dan berapa harga yang bisa ia berikan untuk setiap kliknya. Iklan Adwords bisa muncul di halaman hasil pencarian Google maupun di unit iklan Adsense di situs atau blog yang mengikuti program Adsense.

  • Affiliate Marketing: Disebut juga affiliasi, adalah sebuah cara yang sangat populer untuk mendapatkan uang dari internet dimana seorang pemilik program affiliasi memberi kesempatan orang lain untuk memasarkan produk atau jasanya dengan imbalan sejumlah komisi. Komisi bisa bersifat tetap atau berubah-ubah, dan bisa berdasarkan klik, leads atau penjualan yang terjadi.

  • Akismet: Plugin filter spam untuk blog berplatform WordPress yang sangat populer. Dibuat oleh perusahaan yang sama dengan yang membuat kode WordPress, Automattic.

  • Alexa: Sebuah perusahaan online (milik Amazon.com) yang memantau traffic semua situs yang ada di internet. Sistem ranking yang digunakan didasarkan pada data statistik dari toolbar browser pengguna internet. Belakangan mereka mengubah algoritme ranking ini untuk menghilangkan bias toolbar yang banyak menguntungkan situs-situs bertopik teknologi. Semakin rendah ranking Alexa, maka semakin tinggi trafficnya. Walaupun demikian terdapat sejumlah kontroversi mengenai akurasi ranking Alexa ini.

  • Anchor Text: Teks yang digunakan di dalam back link. Kebanyakan pakar optimasi mesin pencari (SEO) sepakat bahwa anchor text merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi posisi ranking sebuah situs atau blog di hasil pencarian search engine.

  • Atom: Sebuah format sindikasi feed yang dikembangkan sebagai alternatif RSS. Atom memungkinkan seseorang mendapatkan updates artikel dari sebuah situs atau blog manakala ada posting baru.

  • Automattic: Perusahaan yang didirikan oleh Matt Mullenweg dan bertanggungjawab terhadap pengembangan WordPress.org (software blog) dan WordPress (hosting) selain proyek-proyek lainnya.

  • Backlink: Hiperlink yang tampil di blog atau situs lain dan menaut pada halaman utama atau halaman lain dalam suatu blog atau situs.Backlink penting karena Google dan mesin pencari yang lain mempergunakan jumlah dan kualitas backlink sebagai ukuran tingkat kepercayaan sebuah blog atau situs.

  • Blackhat: Gabungan teknik SEO dan online marketing yang seringkali tidak etis dan bahkan kadang ilegal dengan tujuan tertentu.Menyembunyikan teks dibalik gambar atau mempergunakan halaman doorway dengan re-direct adalah contoh teknik-teknik blackhat.

  • Blog: Suatu jenis situs dimana sang pemiliknya mempublikasikan pikiran, ide atau pengetahuan mengenai topik tertentu. Biasanya isinya berupa artikel, yang disebut post, dan disusun berdasarkan urutan kronologis. Awalnya blog muncul sebagai diary online, namun saat ini blog mencakup berbagai macam ceruk topik, dan bersaing ketat dengan media massa kebanyakan.

  • Blog Carnival: Sebuah event ketika para blogger berkumpul untuk untuk membuat sebuah koleksi artikel mengenai sebuah topik tertentu. Biasanya blog carnival hanya terdiri dari satu blog dengan sejumlah blog yang berpartisipasi mengirimkan artikelnya.

  • Blogger: Seseorang yang memiliki blog. Blogger juga merupakan nama komersil platform dan hosting blog gratis milik Google (yang lebih dikenal dengan nama ekstensi Blogspot).

  • Blogging: Aktivitas menulis sesuatu di dalam blog. Bisa juga berarti aktivitas yang lebih luas yang dilakukan oleh seorang blogger (misalnya berinteraksi dengan pembaca, mempersiapkan materikonten, dan lain-lain).

  • Bloglines: Salah satu RSS Feed Reader yang paling populer. Bloglines merupakan aplikasi berbasis web yang memungkinkan penggunanya untuk berlangganan dan mengelola RSS Feed.

  • Blogosphere: Istilah yang dipergunakan untuk menjelaskan dunia yang diciptakan oleh jaringan blog.

  • Blogroll: Fitur blog yang sangat populer yang memungkinkan pemilik blog menampilkan daftar blog-blog lain yang direkomendasikannya. Fitur ini biasanya ditampilkan di bagian sidebar. Namun saat ini semakin sedikit blog yang menampilkan blogroll.

  • Comments: Hampir semua platform blog memungkinkan pembacanya untuk memberikan komentar dan meninggalkan feedback di setiap halaman posting artikel sebuah blog. Fitur inilah yang membuat blog menjadi sebuah media percakapan langsung dan telah menjadi salah satu faktor kesuksesan blog di dunia internet.

  • Comment spam: Komentar yang ditulis semata-mata untuk mendapatkan backlink dan diharapkan akan memberikan aliran traffic pengunjung ke blog pihak yang menuliskan komentar spam tersebut.

  • Compete: Perusahaan analis web, seperti halnya Alexa, yang memantau dan memperkirakan jumlah traffic situs atau blog.

  • CPC: Kependekan dari cost-per-click, dan ia merepresentasikan suatu bentuk online advertising dimana si pengiklan (advertisermemberikan sejumlah uang kepada setiap pengunjung yang meng-klik iklannya dan mengunjungi situs atau halaman penjualan produknya. Di sisi lain, terdapat penerbit iklan (publisher) yang menampilkan iklan CPC di situs atau blognya dan mendapatkan uang untuk setiap klik yang dilakukan pengunjung situs atau blognya. Jaringan iklan CPC paling terkenal adalah Google Adwords.

  • CPA: Kependekan dari cost-per-action, dan ia merepresentasikan suatu bentuk online advertising dimana si pengiklan (advertiser) akan membayar ketika pengunjung sebuah situs melakukan tindakan tertentu (misalnya ketika mereka berlangganan news letter atau membeli sebuah produk tertentu). Kebanyakan program affiliasi menggunakan skema CPA.

  • CPM: Kependekan dari cost-per mille, dimana mille berarti 1000 dalam bahasa Latin. CPM, dengan demikian berarti harga per 1000 impresi, dan ia merepresentasikan suatu bentuk online advertising dimana si pengiklan (advertiser) akan membayar harga tertentu ketika iklan banner atau iklan lain mereka ditampilkan setiap 1000 kali di sebuah situs atau blog.

  • CSS: Kependekan dari Cascading Style Sheets, dan merupakan bahasa pemrograman yang dipergunakan untuk membuat halaman wes yang ditulis dengan kode HTML atau XHTML. Kelebihan CSS adalah memungkinkan Anda untuk mengontrol tampilan halaman situs secara bersamaan dari lokasi yang sama (file CSS).

  • Digg: Situs social bookmarking paling terkenal di dunia. Pada dasarnya Digg adalah sebuah situs yang dihidupi oleh penggunanya, dimana anggota komunitas Digg memberikan vote terhadap sebuah artikel yang akan tampil di halaman depan situs tersebut. Bagi kebanyakan pemilik situs, tampil di halaman depan Digg adalah sebuah kebanggaan. Ia bisa memberikan ribuan pengunjung hanyadalam waktu sehari. Meskipun demikian, terdapat kontroversi terhadap kualitas traffic pengunjung yang datang dari Digg karena pengunjung biasanya jarang kembali lagi dan jarang meng-klik iklan.

  • Domain: Juga dikenal sebagai nama domain atau nama hosting domain, adalah nama situs atau blog yang tercatat di dalam dunia internet. Contoh nama domain adalah Yahoo.com.

  • Duplicate content: Konten hasil duplikasi (biasanya berupa teks/artikel) dalam sebuah situs atau blog. Mesin pencari (misalnya Google Search Engine) cenderung menjatuhkan penalti untuk situs atau blog dengan konten-konten hasil duplikasi.

  • Favicon: Kependekan dari "Favorite Icon", adalah sebuah ikon yang diasosiasikan dengan logo sebuah situs atau blog dan akan muncul pada bagian browser atau bagian bookmark. Favicon dimaksudkan untuk memudahkan mengidentifikasi sebuah situs atau blog.

  • Feed: Disebut juga feed web atau feed news, adalah sebuah format data yang digunakan di dunia internet untuk memudahkan penggunanya mendapatkan updates artikel dari situs atau blog favoritnya. Terdapat dua jenis format utama feed: RSS Feed dan Atom Feed.

  • Feed Count: Biasanya merujuk pada widget dari FeedBurner yang berfungsi memberikan laporan jumlah pelanggan RSS pada suatu situs atau blog.

  • FeedBurner: Sebuah perusahaan online milik Google yang menyediakan layanan RSS Feed. FeedBurner merupakan layanan gratis yang menyediakan RSS Feed dengan berbagai fitur menarik, dan memudahkan pemilik situs atau blog mengumpulkan data statistik RSS Feed situs atau blognya.

  • FTP: Kependekan dari File Transfer Protocol. FTP merupakan sebuah protokol jaringan yang digunakan untuk mentransfer data dari satu komputer ke komputer lainnya. Jika Anda menggunakan layanan perusahaan hosting, Anda membutuhkan FTP untuk mentransfer file situs Anda dari komputer Anda ke server perusahaan hosting tersebut.

  • Google Analytics: Sebuah layanan gratis dari Google yang memberi pemilik situs sejumlah informasi dan data statistik mengenai jumlah traffic dan pengunjung situsnya. Google Analytics juga dikenal sebagai salah satu layanan web paling terpercaya (layanan lain seperti Webalizer atau AWStats cenderung melebihkan angka dengan memasukkan traffic bukan-manusia ke dalam data yang dihasilkan).

  • Google Reader: RSS Reader paling populer di dunia internet. Google Reader merupakan aplikasi berbasis web yang memungkinkan para penggunanya untuk berlangganan dan mengelola RSS Feed situs atau blog tertentu. Karena saking populernya, banyak situs yang menampilkan badge khusus Google Reader agar pembacanya bisa berlangganan RSS Feed melalui Google Reader.

  • Hotlinking: Juga dikenal dengan sebutan tautan inline dan pencuri bandwith, hotlinking merujuk pada praktek-praktek menggunakan obyek tertentu (seringkali berupa gambar) dari satu situs ke dalam situs yang lain. Meskipun praktek ini awalnya merupakan bagian dari desain besar dunia web, namun belakangan orang cenderung mengaitkannya dengan praktek penyalahgunaan. Ketika Anda melakukan hotlinking sebuah gambar yang ada di situs lain, misalnya, Anda telah "mencuri" bandwith situs tersebut dan kemungkinan besar juga telah melanggar hak ciptanya.

  • Linkbait: Segala macam konten (artikel, tools, kuis, video, gambar) yang dibuat dengan tujuan utama untuk menarik link ke situs yang bersangkutan. Kuantitas dan kualitas backlink adalah salah satu faktor dibalik sistem algoritma mesin pencari Google, itulah alasan mengapa orang sangat memperhatikannya. Bahkan ada pemasar online yang mengkhususkan diri menciptakan cara promosi linkbait.

  • Movable Type: Sofware blogging yang diciptakan oleh Six Apart. Pada tahun 2007 Movable Type menjadi layanan blogging gratis (dikeluarkan dibawah ketentuan GPL atau General Public License).

  • Meta tags: Meta tags adalah kode-kode HTML yang ada di bagian halaman sebuah situs. Tidak seperti tag HTML yang lain, meta tags tidak muncul di halaman posting, sehingga kebanyakan pengunjung tidak pernah melihatnya. Meta tags yang berbeda memiliki fungsi yang berbeda, namun secara umum semuanya digunakan untuk memberikan informasi tambahan mengenai kondisi sebuah halaman situs kepada robot mesin pencari.

  • Niche: Dalam jargon dunia internet, niche merujuk kepada sebuah topik atau subyek tertentu. Kebanyakan situs mencakup satu atau lebih niche. Contoh-contoh niche misalnya adalah olahraga, gosip, humor dan keuangan. Beberapa niche dianggap lebih populer dan menguntungkan ketimbang yang lain.

  • Nofollow: Juga disebut sebagai tag nofollow, adalah sebuah tag yang disisipkan dalam kode link yang berfungsi untuk memerintahkan robot mesin pencari agar mereka tidak mengikuti link bersangkutan, dan karenanya tidak menganggapnya sebagai link yang sesungguhnya. Google dan mesin pencari yang lain merekomendasikan agar semua link berbayar menggunakan tag nofollow.

  • PageRank: Juga sering disebut Google PageRank, adalah sebuah sistem metrik yang digunakan oleh Google untuk menilai tingkat kepercayaan sebuah situs. Google PageRank memiliki nilai skala dari 0 hingga 10, dimana 10 adalah nilai tingkat kepercayaan tertinggi yang bisa Anda dapatkan. Terdapat algoritme yang rumit dibalik skala PageRank, namun faktor terpenting yang mempengaruhinya adalah jumlah dan kualitas backlink sebuah situs atau blog. Nilai PageRank (yang bisa dilihat menggunakan Google Toolbar) di-update setiap setiap tiga bulan sekali.

  • Page Views: Juga biasa disebut impresi. Setiap kali pengguna internet membuka sebuah halaman situs tertentu, satu page view akan dihitung. Seorang pengguna internet, misalnya, bisa mendapatkan sejumalh page views selama mengunjungi sebuah situs.Situs-situs populer bisa mendapatkan jutaan page views setiap bulannya.

  • PHP: Kependekan dari Programming Hypertext Processor, adalah sebuah bahasa pemrograman yang didesain untuk menciptakan halaman web yang bergerak. Banyak situs (misalnya Digg.com) dibangun menggunakan PHP, seperti halnya beberapa platform blog (misalnya WordPress). Jika Anda seorang blogger atau web master, ada kemungkinan besar Anda akan menggunakan PHP.

  • Pillar article: Sebuah istilah yang pertama kali diciptakan oleh Yaro Starak, untuk merujuk sebuah artikel panjang dan terstruktur, berisi informasi atau sumber rujukan yang bermanfaat, yang dipublikasikan di blog. Artikel pilar sangat penting untuk membangun otoritas dan menarik traffic pengunjung ke blog Anda. Kedua faktor diatas datang dari blogger yang lain yang mendapatkan manfaat dari artikel pilar dan menautkan link ke artikel pilar tersebut.

  • Ping: Sebuah tool jaringan komputer yang digunakan untuk menguji apakah sebuah komputer atau hosting bisa dibuka di internet. Dalam jargon dunia blogger dan web master, ping juga berarti tindakan mengirimkan pesan jaringan ke suatu server untuk menginformasikan bahwa Anda telah meng-update blog atau situs Anda. Setiap kali Anda mempublikasikan sebuah posting artikel baru, sebagai contoh, Anda bisa melakukan ping ke mesin pencari untuk memberitahukan update yang Anda lakukan.

  • Pingback: Sebuah tool jaringan yang digunakan untuk memberitahu sebuah situs ketika seseorang menautkan link atau merujuk kepada situs tersebut. Kebanyakan platform blog mencatat pingback secara otomatis. Artinya, manakala seseorang menautkan link ke suatu artikel yang Anda tulis, link-nya akan muncul di bagian komentar blog Anda.

  • Pligg: Sebuah sofware open source yang memungkinkan penggunanya untuk membuat situs social bookmarking di situsnya. Situs paling terkenal yang menggunakan sofware Pligg adalah Sphinn.com.

  • WordPress Plugin: Kode-kode khusus yang dibuat dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan sebuah software, dalam hal ini adalah WordPress. Terdapat ribuan plugin WordPress yang telah dibuat, dengan fungsi yang sangat beragam.

  • Pro Blogger: Sebutan untuk seorang blogger profesional yang mendapatkan penghasilan melalui blog dan hidup dari income yang ia terima dari aktivitas blogging.

  • RSS: Kependekan dari Really Simple Syndication. RSS adalah suatu format yang digunakan untuk mengirimkan informasi dari sebuah situs dan halaman situs yang di-update secara berkala. Sebuah dokumen RSS (yang disebut feed) berisi ringkasan ataupun keseluruhan konten dari sebuah situs. Keuntungan terbesar menggunakan RSS adalah memungkinkan pengunjung sebuah situs untuk tetap berhubungan dengan situs-situs favorit mereka tanpa harus mengunjunginya secara online. Manakala Anda berlangganan sebuah RSS Feed, secara otomatis Anda akan menerima updates konten situs bersangkutan apabila situs tersebut mempublikasikan konten baru.

  • Scraper: Seseorang yang menyalin konten dari sumber lain (baik situs ataupun blog) dan mempublikasikannya di blognya sendiri, dengan atau tanpa memberikan kredit link, dan tanpa meminta izin kepada penulis aslinya. Scraper bisa dilakukan secara manual ataupun otomatis dan biasanya menggunakan tool scraping RSS Feed. Scraper jelas-jelas merupakan pelanggaran hak cipta.

  • Splog: Blog yang hanya digunakan untuk mempublikasikan kontenkonten spam. Splogs biasanya berisi teks yang dikopi dari sumber lain, dikombinasikan dengan link-link situs-situs obat-obatan terlarang, minuman keras dan judi.

  • SEO: Kependekan dari search engine optmization. SEO mencakup sejumlah aktivitas yang ditujukan untuk meningkatkan ranking sebuah situs di halaman hasil pencarian search engine (terutama Google). Ada dua jenis aktivitas yang dilakukan yaitu: optimisasi on-page, yakni mengoptimalkan penggunaan tag dan konten sebuah situs; dan optimisasi off-page, yakni mengoptimalkan faktor-faktor eksternal misalnya jumlah dan kualitas backlink, teknik-teknik promosi, dan lain-lain.

  • SERP: Kependekan dari search engine results page. Ketika Anda mencari sebuah kata kunci melalui Google search engine, Anda akan mendapatkan halaman 10 hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang Anda cari. Halaman itulah yang disebut SERP.

  • Social Bookmarking: Disebut juga social aggregators atau community bookmarking. Social Bookmarking adalah situs yang memungkinkan penggunanya untuk menemukan, mengirimkan, menyebarluaskan dan memberikan vote terhadap sebuah artikel dari internet. Situs social bookmarking paling populer adalah Digg.com, Reddit.com, StumbleUpon.com dan Del.icio.us.

  • Social Media: Sebuah istilah umum yang digunakan untuk mendefinisikan situs dan aplikasi web dimana terdapat unsur interaksi sosial didalamnya (dalam bentuk teks, gambar, suara, video atau gabungan dari semuanya). Contoh situs social media adalah blog, forum online, social network, Wikipedia dan lain-lain.

  • Social Networks: Dalam dunia internet, istilah ini merujuk kepada sejumlah situs dan aplikasi, dimana tujuannya adalah untuk memberi kesempatan penggunanya yang memiliki sebuah minat yang sama untuk saling berhubungan, berinteraksi dan berbagi. Contoh populer situs social network adalah MySpace.com dan LinkedIn.com.

  • StumbleUpon: Situs social bookmarking populer yang bertujuan memampukan para penggunanya untuk menemukan situs-situs baru dan menarik. StumbleUpon bekerja dengan menggunakan browser toolbar yang memungkinkan penggunanya untuk memberikan vote dan meng-klik tombol “Stumble!” yang akan menampilkan sejumlah situs atau halaman situs berdasarkan pilihan penggunanya dan apa yang di-vote oleh pengguna lain.

  • Subscriber: Pengunjung situs atau blog yang berlangganan RSS feed sebuah situs ataupun berlangganan melalui email. Manakala situs tersebut di-update dengan konten baru, pelanggan tersebut akan menerima konten melalui RSS Reader ataupun email. Para web master dan blogger sangat memperhatikan jumlah pelanggan RSS karena ia merepresentasikan jumlah pembaca setia dan traffic pengunjung yang konstan.

  • Tag: Hampir sama dengan kategori, tag digunakan untuk mengklasifikasikan sebuah artikel atupun konten dalam sebuah situs. Tag bersifat lebih fleksibel ketimbang kategori dan biasanya digunakandengan cara yang lebih spesifik. Satu artikel atau posting biasanya diberikan satu kategori besar dan banyak tag di dalamnya.

  • Technorati: Layanan mesin pencari blog, yang memberikan informasi tracking blog, tautan link dan posting dari seluruh dunia. Sangat populer meskipun beberapa tahun belakangan mulai kehilangan perhatian. Salah satu fiturnya yang paling terkenal adalah daftar Technorati Top 100, yang memberikan ranking 100 blog terpopuler di dunia berdasarkan jumlah link dari blog lain.

  • Twitter: Sebuah layanan social networking dan microblogging yang kini sangat populer. Pengguna Twitter dapat "mengikuti" pengguna yang lain untuk mendapatkan updates berita terbaru dari mereka.Setiap update hanya boleh berisi 140 karakter, dengan atau tanpa hiperlink.

  • Text Link Ads: Suatu bentuk layanan periklanan online dimana si pemasang iklan membeli sebuah link di situs lain dengan teks yang ia pilih sendiri dan biasanya tanpa tag nofollow. Praktek ini sangat populer hingga kemudian Google mulai memberi penalti situs-situs yang menjual ataupun membeli teks link dengan tujuan untuk meningkatkan hasil pencarian search engine.

  • Trackback: Sebuah tool networking, hampir sama dengan pingback, yang digunakan untuk memberi informasi kepada sebuah situs ketika seseorang menautkan link ke situs tersebut.

  • Unique visitor: Unique visitor adalah jumlah pengunjung manusia yang masuk ke sebuah situs dalam jangka waktu tertentu, Katakanlah 3 orang mengunjungi sebuah blog pada hari yang sama, 2 orang mengunjunginya dua kali dan masing-masing membuka 5 halaman blog. Maka pada hari tersebut, blog ini memiliki 3 unique visitors, 5 total visitors, dan 15 page views.

  • Viral Content: Konten yang menyebar dengan sangat cepat di dunia internet, seperti halnya virus flu dalam kehidupan nyata. Kontennya sendiri bisa berupa artikel, gambar, atau video, namun harus sangat lucu, kontroversial atau sangat bermanfaat sehingga orang merasa perlu untuk menulis tentangnya. atau memberitahu temannya mengenai hal tersebut.

  • WordPress: Software blogging paling populer di dunia internet, diciptakan oleh sebuah perusahaan yang bernama Automattic.WordPress mendapatkan popularitas terutama karena dukungan komunitasnya yang sangat aktif. Ada ribuan orang yang menyediakan template gratis, plugin dan dukungan terhadap pengembangan proyek WordPress.

  • URL: Kependekan dari Uniform Resource Locator. URL mencakup nama domain dan protokol yang digunakan. Contoh URL adalah http://www.namadomain.com.

  • Viral Marketing: Sebuah teknik pemasaran untuk menyebarluaskan informasi dengan cepat menggunakan sarana email, blog dan kabar dari mulut ke mulut. Banyak situs sosial media dan situs sosial bookmarking juga dipergunakan sebagai sarana viral marketing.


  • XML: Kependekan dari Extensible Markup Language, yaitu sebuah format teks sederhana dan sangat fleksibel yang diturunkan dari SGML, dan digunakan untuk memudahkan sindikasi informasi dengan menggunakan teknologi RSS.

Sumber www.bloggueblo.com

Read More...